External Benchmarking LPM IAI Al-Qodiri Jember dengan STIT MADINA Sragen Jawa Tengah


Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAI Al-Qodiri pada Sabtu, 2 Maret 2024 melakukan External Benchmarking dengan STITMAS Sragen Jawa Tengah. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium KH. Ach. Muzakki Syah IAI Al-Qodiri Jember. Rombongan dari STITMAS Sragen dipimpin oleh langsung oleh Bapak Sukamdi, M.Pd.I., selaku Ketua STITMAS bersama jajaran Dr. Latifah P.F. S.Pd.I., M.Pd.I (Wakil Ketua I) Putri Agustina, S.Psi., M.Pd. (Wakil Ketua II) Eskawida, S.Pd., M.Or (Wakil Ketua III) Nina Kusuma Dewi, S.S., M.Pd. (Ka. Prodi S1 PG MI) Siti Rochmahtun, S.Pd., M.Pd. I. (Ka. Prodi S1 PIAUD) dan Nisya Dwi Anggraeni, S.Pd., M.Pd. (Ketua LPM) acara ini langsung dihadiri oleh Rektor IAI Al-Qodiri Jember Dr. H. Asmad Hanisy, S.Pd.I,MM, Dr. Zainal Arifin, M.Pd (Wakil Rektor I), Dr. Fathor Rahman (Wakil Rektor II), Dr. Nurul Anam, S.Pd.,M.Pd. (Wakil Rektor 3) Dr. Muhamad Ansori, M.Pd.I, (Ketua LPM ) Ahmad Rosidi, M.Pd.I (Dekan Fakultas Tarbiyah) dan Ka. Prodi yang ada di IAI Al-Qodiri Jember.

Ketua LPM IAI Al-Qodiri Jember, Dr. Muhamad Ansori, M.Pd.I., mengatakan kegiatan External Benchmarking adalah upaya pembandingan antara standar internal institusi terhadap standar institusi lain dan juga merupakan satu upaya dalam siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) penjaminan mutu yang dilalukan oleh IAI Al-Qodiri Jember. Kegiatan external benchmarking merupakan tahapan penting yang mana pada proses ini dilakukan perbandingan standar dengan perguruan tinggi lain dalam upaya meningkatkan mutu untuk mencapai standar yang sudah ditentukan di IAI Al-Qodiri Jember dengan mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI).

Pada kegiatan external benchmarking kali ini dibahas beberapa hal, diantaranya proses PPEPP penjaminan mutu, sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang meliputi proses audit mutu internal (AMI), instrument AMI serta pelaporan AMI. Dalam kegiatan ini juga dibahas mengenai strategi untuk memenuhi standar yang ditentukan Perguruan Tinggi dan SN DIKTI serta strategi untuk meraih akreditasi dari Lembaga Akreditasi Nasional yaitu dari BAN-PT, LAMDIK dan LAMEMBA.

Rektor IAI Al-Qodiri Jember, Dr. H. Asmad Hanisy, S.Pd.I,MM menyampaikan Pelaksanaan External Benchmarking kali ini diharapkan dapat mengidentifikasi dan mengadaptasi kelebihan dari Pengelolaan SPMI, AMI, dan meningkatkan Akreditasi Nasional dari IAI Al-Qodiri Jember dan STITMAS Sragen. Adapun, hasil dari proses benchmarking dapat berupa perbaikan proses, prosedur, dan meningkatkan standar mutu yang telah tercapai dari masing-masing perguruan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *