Gak Bahaya Ta ? LPM IAI Al-Qodiri Jember Terima External Benchmarking dari STIS Abu Zairi Bondowoso

LPM IAI Al-Qodiri Report, Senin (03/07/2023); Quality Assurance yang ditunjukkan Unit Penjaminan Mutu IAI Al-Qodiri Jember dan Penghargaan dari Kopertais Award Pertengahan Bulan Juni 2023 yang lalu berdampak pada kunjungan External Benchmarking dari STIS Abu Zairi Bondowoso ke LPM IAI Al-Qodiri Jember.

Dr. Muhamad Ansori, M.Pd.I. menyampaikan dalam rangka meningkatkan mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IAI Al-Qodiri Jember, LPM IAI Al-Qodiri Jember menerima kunjungan External Benchmarking untuk Studi Tiru dari STIS Abu Zairi Bondowoso yang berjumlah 8 orang. Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium IAI Al-Qodiri Jember, kolaborasi dan saling melengkapi Sistem penjaminan mutu hal ini sangat besar manfaatnya bagi peningkatan mutu Program Studi yang ada di IAI Al-Qodiri Jember maupun STIS Abu Zairi Bondowoso. “Paparnya

Dr. Muhamad Ansori, M.Pd.I, Ketua LPM IAI Al-Qodiri Jember memaparkan salah satu diantara strategi yang dilakukan SPMI di IAI Al-Qodiri Jember adalah menguatkan Audit Mutu Internal (AMI) secara terus menerus dengan berpedoman pada dokumen siklus penjaminan mutu yang sudah ditetapkan. Ujarnya

Dalam menyelesaikan masalah mutu, IAI Al-Qodiri Jember menggunakan Siklus SMS. Siklus SMS meliputi Sumber masalah (ditemukan), Masalah timbul (dikenali), Solusi Masalah (dicari). Sedangkan mekanisme SPMI meliputi: (1). Pelaksanaan penjaminan mutu oleh LPM; (2) LPM melaksanakan proses penjaminan mutu; (3). Fakultas membentuk Komite Penjaminan Mutu; (4). Fakultas menindaklanjuti dengan Menyusun rencana mutu; (5) LPM mengadakan AMI 1 tahun sekali; (6). Ketua LPM melaporkan hasil AMI ke Rektor; (7). Rektor menginstruksikan Dekan/Direktur Pascasarjana untuk melaksanakan perbaikan hasil temuan; (8) Hasil Audit KPM dibahas di Rapat Mutu Fakultas; (9). Hasil Rapat Mutu Fakultas dilaporkan kepada Rektor.

Implementasi SPMI terus dilakukan agar terjadi. “Siklus SPMI berbasis kesadaran mutu demi menunjang sustainability mutu”, dia berharap bahwa terjadinya Budaya Mutu yang Istiqomah kepada seluruh unit yang ada di kampus, baik di IAI Al-Qodiri ataupun di STIS Abu Zairi, harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *