Gelar AMI IAI Al-Qodiri Jember, LPM: Mutu Prosesnya, Unggul Prodinya

lpmi.iaiq.ac.id, Pelaksanaan Audit Mutu Internal IAI Al-Qodiri Jember yang biasa disebut AMI mulai dilaksanakan pada 16 Oktober 2023 dengan agenda sosialisasi AMI kepada Auditee, dan pelaksanaan AMI (Desk Evaluation) berbasis lapangan pada senin tanggal 13 November 2023. Pelaksanaan pekan AMI ini melibatkan seluruh Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Fakultas Syari’ah yang ada di lingkungan IAI Al-Qodiri Jember.

Kegiatan ini adalah bagian dari proses penjaminan mutu internal untuk mengukur ketercapaian pelaksanaan Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada IAI Al-Qodiri Jember yang meliputi 9 standar  yang telah ditetapkan. Selain itu, juga untuk mengukur kepatuhan standar dokumen yang ada di lingkungan IAI Al-Qodiri Jember.

Menurut Dr. Muhamad Ansori, M.Pd.I  selaku ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Al-Qodiri Jember, mengatakan bahwa pelaksanaan AMI merupakan kebutuhan bersama terutama bagi fakultas dan program studi, karena dengan pelaksanaan AMI, fakultas/program studi dapat melakukan evaluasi diri tentang keberhasilan atau tingkat ketercapaian pelaksanaan standar mutu yang telah ditetapkan.  “audit mutu internal sesungguhnya merupakan kebutuhan UPPS dan program studi untuk evaluasi diri capaian standar mutu berdasarkan SPMI yang telah ditetapkan, oleh karena itu mohon untuk menyajikan data dan dokumen pendukung sesuai dengan faktanya. Apa adanya saja tidak perlu ditutup-tutupi” ujarnya dalam acara pelaksanaan AMI 13 November 2023.

Lebih lanjut Dr. Muhamad Ansori, M.Pd.I. menuturkan AMI Program Studi menjadi menjadi bagian penting dalam meningkatkan Sistem dan Implementasi penjaminan mutu program studi dan perguruan tinggi IAI Al-Qodiri Jember. Demikian guna memastikan pengelolaan program studi dan perguruan tinggi sesuai standar dan mampu mencapai target yang telah ditetapkan.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Zainal Arifin, M.Pd. selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, mengatakan “ pelaksanaan audit mutu internal adalah tugas kita bersama, maka saya berharap semua yang terlibat agar mendukung suksesnya pelaksanaan AMI tahun ini.

Di tempat terpisah, Rektor IAI Al-Qodiri Jember Dr. H. Asmad Hanisy, S.Pd.I.,MM. menghimbau agar semua pihak mensukseskan pelaksanaan AMI. “Mari Ibu dan Bapak Auditor dan Auditi, kita sukseskan Pekan AMI sekaligus mengidentifikasi prodi-prodi yang potensi unggul dan terus meningkatkan mutu IAI Al-Qodiri Jember bersama. Semoga sukses selalu” ujarnya. lebih lanjut Rektor IAI Al-Qodiri Jember ini berharap Audit AMI ini berjalan sukses, bermutu dan nantinya menghasilkan prodi unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *